Blogger Widgets
بِــــــسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيـــمِ

SELAMAT DATANG DI STIKOM MUHAMMADIYAH BATAM

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI - DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Senin, 19 Mei 2014

CARA MENJURNAL DENGAN MYOB



LANGKAH MENJURNAL DENGAN MYOB
HALAMAN COMENT CENTRE
http://zarmiakuntan.blogspot.com/
HALAMAN AWAL
http://zarmiakuntan.blogspot.com/ 
DAFTAR ACCOUNT

DAFTAR CARD FILE/LIST


DAFTAR INVENTORY



FUNGSI COMENT CENTER
Beberapa menu yang sering digunakan :
  1. Account             : untuk melihat daftar akun/rekening dan untuk        
                                  menginputkan transaksi jurnal umum
  1. Sales                   : input transaksi penjualan
  2. Purchases          : input transaksi pembelian
  3. Inventory            : input data barang
  4. Card File             : input data suplier, customer

Purchase : Input Pembelian Kredit
  1. Klik > Purchases – Enter Purchases
  2. Ubah layout dan pilih jenis item. Dengan cara klik Layout –
  3. pilih Item – klik OK
  4. Pilih pemasok dengan cara klik tanda panah pada Supplier.
  5. Untuk mengisi terminUntuk mengisi termin, klik tanda panah pada Terms dan isi klik tanda panah pada Terms dan isi
  6. sesuai termin yang berlaku.
  7. Kemumudian klik OKK
  8. Isi sesuai dengan bukti transaksi
  9. Klik Record
  10. Klik Cancel untuk kembali ke Command Centre, klik Journal 
  11.  untuk melihat jurnal


Purchase : Input Pembelian Tunai  

  1. Klik  > Purchases – Enter Purchases
  2. Ubah layout dan pilih jenis item. Dengan cara klik Layout –
  3. Piilih Item – klik OKklik OK
  4. Pilih pemasok dengan cara klik tanda panah pada Supplier.
  5. Untuk mengisi terminUntuk mengisi termin, klik tanda panah pada Terms dan isi klik tanda panah pada Terms dan isi sesuai termin yang berlaku
  6. Kemudian klik OK
  7. Isi sesuai dengan bukti transaksi
  8. Isi kolom Paid Today sejumlah Total Amount
  9. Klik Recor
  10. Klik Cancel untuk kembali ke Command Centre, 
  11. klik Journal untuk melihat jurnal

Sales > Input Pendapatan & Penjualan Tunai & Kredit.

1.      Klik > Sales – Enter Sales
2.      Untuk mencatat penerimaan dari jasa dapat digunakan Layout jenis
3.      Item, caranya klik Layout – pilih Item – klik OK
4.      Untuk  memilih  customer  klik  tanda  panah.  Kemudian  apabila  ada
5.      termintermin, klikklik tandatanda panahpanah padapada TermsTerms
6.      Isi sesuai dengan bukti transaksi
7.      Klik Record
8.      Klik  Cancel  untuk  kembali  ke  command  center,  klik  Journal  untuk
9.      melihat jurnal transaksi.



Penjualan Kredit

  1. Klik > Sales – Enter Sales
  2. Untuk mencatat transaksi penjualan digunakan Layout Item, klik Layoutt – pilih Itilih Item – klik OK
  3. Untuk memilih pelanggan, klik tanda panah pada kolom customer.
  4. Untuk menggisi termin, klik tanda panah pada Terms kemudian isi sesuai dengan termin yang berlaku – klik OK
  5. Untuk berpindah ke kolom berikut gunakan tombol Tab pada keyboard. 
  6. Untuk mengisi item number ambil dari list yang tersedia dengan cara klik salah satu barang yang dimaksud, kemudian klik Use  item
  7. Isi sesuai dengan bukti transaksi
  8. Klik Record
  9. Klik Cancel untuk kembali ke command centre, klik untuk kembali ke command centre, 
  10. klik Journal untuk melihat jurnal transaksi.



Pendapatan Tunai

  1. Klik > Sales – Enter Sales
  2. Untuk transaksi penjualan tunai yang pertama kali, Anda harusharus  membuat data pelanggan baru yaitu Pelanggan membuat data pelanggan baru yaitu Pelanggan Tunai.   
  3. Caranya klik tanda panah pada kolom Customer,  klik New.
  4. Tulis Pelanggan Tunai pada kolom name, kemudian klik OK
  5. Gunakan nama Pelanggan Tunai untuk mengisi kolom  Customer
  6. Klik Layout – Pilih Item – Klik OK
  7. Kemudian isi jurnal sesuai dengan bukti transaksi. Cara mengisi sama seperti mengisi transaksi pendapatan kredit.
  8. Isi kolom Paid Today sejumlah Total Amount.
  9. Isi kollom Ship To dan Journal Memo 
  10. Klik Record
  11. Kemudian klik Cancel, untuk kembali ke ke Command Centre, atau   
  12. klik Journal untuk melihat jurnal transaksi apa sudah benar.



Penjualan Tunai

  1. Klik > Sales – Enter Sales
  2. Untuk mencatat transaksi penjualan digunakanUntuk mencatat transaksi penjualan digunakan Layout Item   klik             
  3. Layout – pilih Item – klik OK
  4. Pilih Penjualan Tunai pada kolom Customer jika sudah ada.
  5. Kemudian isi jurnal sesuai dengan bukti transaksi. Cara mengisi sama seperti mengisi transaksi penjualan kredit. Setelah itu, isi kolom Paid Today sejumlah Total Amount.
  6. Isi kolom Ship To dan Journal Memo
  7. Klik Record
  8. Kemudian klik Cancel untuk kembali ke Command Centre, atau
  9. klik  Journal untuk melihat jurnal transaksi apa sudah benar.


Receive Money
Mencatat Transaksi
Penerimaan Kas yang berasal dari Pelunasan Piutang

  1. Klik > Salles – Receiive P Paymentt
  2. Akan muncul kotak Receive Payment, klik pada Customer untuk memilih nama pelangganmemilih nama pelanggan –– klik Use Customer
  3. Isi data penerimaan kas.
  4. Isi Ai Amount Rt Receiivedd se bbesar yang jjumllahh yang ditditeriima.Klik pada kolom Amount Apllied pada baris transaksi yang bersanggkutan.
  5. Klik Record untuk mencatat jurnalnya
  6. Jika muncul kotak dialogJika muncul kotak dialog, pilih pilih Print LaterPrint Later
  7. Klik Cancel untuk kembali ke command center, 
  8. klik Journal untuk melihat jurnal yang baru saja tercatat & apa sudah benar.

Lihat Contoh Bukti Transaksi               
Jika ada  Potongan Penjualan 

Lanjutan… (Jika ada Potongan)
  1. Kemudian Klik > Journal – Pilih All
  2. Buka Transaksi yang terdapat akun Discount.
  3. Klik Panah pada kolom TaxKlik Panah pada kolom Tax,  kemudiankemudian  happus jjumlah ppajjaknyya.
  4. Kemudian klik OK.


Receive Money
   Mencatat penerimaan kas melalui Banking,
selain dari pelunasan piutang

    1. Klik > Banking – Receive Money

    2. Isi jurnal sesuai dengan bukti transaksi

    3. Klik Record

    4. Kemudian klik >Cancel untuk kembali ke Command Centre, atau
       klik Journal untuk melihat jurnal transaksi.


Pay BillsPay Bills
Untuk mencatat Transaksi Pelunasan Hutang Dagang

1. Klik > Purchases – Pay Bills

2. Pilih nama pemasok dengan cara klik tanda panah pada kolom
    Supplier. Klik pemasok yang dipilih, kemudian klik  Use Supplier.

3. Isi sesuai dengan bukti transaksi. Gunakan tombol Tab untuk
    berpindah kolom atau klik dengan menggunakan mouse.

4. Klik pada kolom Amount Applied sesuai dengan faktur yang ingin
    dibayar

5. KlikKlik RRecordd

6. Kemudian klik Cancel untuk kembali ke Command Centre, klik
    JournalJournal untuk melihat jurnaluntuk melihat jurnal


Banking –Spend Money
         Mencatat Transaksi Pengeluaran Kas
Selain Pembayaran Hutang

1. Klik Banking – Spend Money.
2. Pastikan Account terisi dengan akun yang diinginkan, seperti Petty Cash on hand, dan Cash In bank.
3. Isi Jurnal Pengeluaran sesuai dengan bukti transaksi
4. Klik Record
5. Kemudian klik Cancel untuk kembali ke Command Centre, atau klik Journal untuk melihat jurnal tersebut.



Retur Pembelian

  1. Klik > Purchases – Enter Purchases
  2. Kemudian isi jurnal sesuai dengan bukti transaksi. Caranya sama sepertiti mengiisi  transakksi pem belilian.  Akan  tetapi, untuk kollom
  3. Ship (jumlah barang) tambahkan tanda minus(-) didepan jumlah
  4. barang yang akan diretur. Contoh : -25.
  5. Klik Record
  6. Kemudian klik Cancel untuk kembali ke Command Centre
  7. Selanjutnya klik Purchases Register
  8. Klik Returns & Debits – klik transaksi – kemudian klik Apply to
  9. PurchasePurchase
  10. Isi Nomor Invoice dan tanggal transaksi, kemudian klik pada
  11.  kolom Amount Applied
  12. Enter kemudian klik Record
  13. Klik Close untuk kembali ke Command Center

                                                    



Retur Penjualan

  1. Klik Sales – Enter Sales
  2. Kemudian isi jurnal sesuai denggan bukti transaksi. Caranya sama seperti mengisi transaksi penjualan. Akan tetapi, untuk kolom Ship (jumlah barang) tambahkan tanda minus(-) didepan
  3. jumlah barang yang akan di diretur. Contoh : -1010.
  4. Klik Record
  5. Klik– Salles > Sales Register
  6. Pilih Returns & Credits – klik transaksi – kemudian klik Apply to  Sale
  7. Isi Nomor Invoice dan tanggal transaksi, kemudian klik pada kolom Amount Applied
  8. Enter kemudian klik Record
  9. Klik Close untuk kembali ke Command Centreu ntuk kembali ke Command Centre,
  10. klik Journal untuk melihat jurnal transaksi apa sudah benar.
                                                           



Retur Penjualan Tunai
  1. Klik > Sales – Enter Sales
  2. Kemudian isi jurnal sesuai denggan bukti transaksi. Caranya sama seperti mengisi transaksi penjualan. Akan tetapi, untuk kolom Ship (jumlah barang) tambahkan tanda minus(-) didepan jumllah  barang yang akan di diretur.  Contohh : -1010.
  3.  Klik Record
  4. Klik RKlik Regiister.
  5. Pilih Returns & Credits – klik transaksi – kemudian klik Pay
  6. RefundRefund.
  7. Isi Nomor Invoice dan tanggal transaksi.
  8.  Klik Record  Klik Record.
  9. Klik Close untuk kembali ke Command Centre 
  10. klik Journal untuk melihat jurnal transaksi apa sudah benar.

                                                          Lihat Contoh Bukti Transaksi


      Mencatat Transaksi Memorial (Penyesuaian)

  1. Klik Accounts – Record Journal Entry
  2. Isi  sesuai  dengan  bukti, 
  3. Klik  Recordd
  4. Kemudian klik Cancel untuk kembali ke Command Centre,
  5. klik Journal untuk melihat jurnal transaksi apa sudah benar.

Transfer Money

  1. Pada Command Centre klik Accounts – Transfer Moneyy.
  2.  Isi tanggal dan nomor bukti transaksi
  3.  Isii Transffer Money from dengan asall akun yang akan dipindahkan
  4. Isi Transfer Money to dengan akun yang akan menerima
  5. Klik Record.
  6. klik Journal untuk melihat jurnal transaksi apa sudah benar.


    

RekonsiliasiRekonsiliasi BankBank
  1. Klik > banking- Reconcile Accounts
  2.  Pastikan Account terisi dengan akun misal Cash in Bank
  3. Isi New Statement balance dengan saldo yang berasal dari rekening korankoran
  4. Isi Bank Statement dengan tanggal akhir periode yaitu 31/12/09, lalu tekan Enter.
  5. Cocokkan setiap transaksi dengan yang da di rekening koran.
  6. Masukkan transaksi yang tidak ada melalui fasilitas Bank entry
  7. Isi service charge dengan Bank service Charge dan saldonya
  8. IIsi interest earn dengan Income sebesar pendapatan bersih. 
  9. Klik Record.
  10. Check List semua transaksi yang akan direkonsiliasi
  11. Klik >Reconcilile- Reconcilile
  12. Klik Cancel untuk kembali.


     Laporan  Keuangan

  1. Klik Reports – Accounts
  2. Pilih laporan yang diinginkan
  3. Klik Customise.Isi periode dengan akhir periiodde.
  4. Klik Dispsplayay.