AUDIT MANAJEMEN
Audit manajemen
adalah suatu teknik yang meliputi berbagai prosedur,
metode penilaian, kelayakan dan pendekatan-pendekatan. Pemeriksaan manajemen
dirancang untuk menganalisis, menilai, meninjau ulang dan menimbang hasil kerja
perusahaan dibandingkan dengan standar yang telah ditentukan atau pedoman yang
ditentukan oleh perusahaan.
Tujuan dari
pemeriksaan manjemen adalah untuk mengevaluasi efisiensi dan efektifitas perusahaan
(Alexander Hamilton Institute, 1986:1).
Menurut Arens dan Loebbecke (2003:12) Audit manajemen adalah evaluasi terhadap seluruh prosedur dan metode organisasi perusahaan, dalam tujuan untuk mengevaluasi tingkat efisiensi dan efektivitas perusahaan.
Menurut Carmichael dan John Wilingham (Auditing Concepts and Methods : A Guide to Current Auditing Theory and Practise, 1996:625) manajemen audit adalah suatu penelaahan sistematis terhadap aktivitas suatu organisasi tertentu dalam hubungannya dengan tujuan-tujuan tertentu dengan maksud untuk menilai kegiatan, mengidentifikasi berbagai kesempatan untuk perbaikan, mengembangkan rekomendasi bagi perbaikan atau tindakan lebih lanjut.
Menurut Arens dan Loebbecke (2003:12) Audit manajemen adalah evaluasi terhadap seluruh prosedur dan metode organisasi perusahaan, dalam tujuan untuk mengevaluasi tingkat efisiensi dan efektivitas perusahaan.
Menurut Carmichael dan John Wilingham (Auditing Concepts and Methods : A Guide to Current Auditing Theory and Practise, 1996:625) manajemen audit adalah suatu penelaahan sistematis terhadap aktivitas suatu organisasi tertentu dalam hubungannya dengan tujuan-tujuan tertentu dengan maksud untuk menilai kegiatan, mengidentifikasi berbagai kesempatan untuk perbaikan, mengembangkan rekomendasi bagi perbaikan atau tindakan lebih lanjut.
Tujuan Audit Manajemen
Tujuan dari audit manajemen adalah:
1. Penilaian atas pengendalian
Berhubungan dengan pengendalian administrasi (administrative
control) pada suatu perusahaan, yang bertujuan untuk menentukan apakah
pengendalian yang ada telah memadai dan terbukti efektif dalam mencapai tujuan
yang telah ditetapkan perusahaan.
2. Penilaian atas pelaksanaan
Auditor mengumpulkan informasi untuk menentukan apakah
kegiatan perusahaan telah berjalan secara efektif dan efisien.
3. Memberikan bantuan kepada manajemen
Dengan jalan memberikan rekomendasi perbaikan yang diperlukan
oleh perusahaan. Dan sebagai seorang auditor untuk membantu manajemen harus
memahami dahulu prinsip-prinsip manajemen yang diterapkan dan fungsi-fungsi
manajemen, yaitu planning, organizing, staffing, leading, dan controlling.
Manfaat Audit Manajemen
Manfaat dari audit manejemen adalah:
- Mengevaluasi tujuan, kebijakan, sasaran, peraturan, prosedur dari struktur organisasi yang belum ditentukan sebelumnya.
- Mengevaluasi kriteria pengukuran pencapaian tujuan organissasi dan penilaian prestasi manajemen.
- Secara independen dan objektif menilai prestasi individual dan kegiatan unit organisasi tertentu.
- Menilai efisiensi, efektivitas, dan kehematan sistem perencanaan dan pengendalian manajemen.
- Menemukan/mengidentifikasi masalah organisasi yang timbul dan jika mungkin menentukan penyebabnya.
- Menilai / meyakini reliabilitas dan manfaat berbagai laporan pengendalian manajemen.
Tahapan dalam Audit Manajemen
Ada beberapa tahapan dalam pelaksanaan audit manajemen
menurut Alexander Hamilton (Management Audit: Maximizing Your Company’s
Efficiency and Effectiveness,1996) :
1. Definisi ruang lingkup proyek
Merupakan tahap pengenalan dengan tujuan untuk memperoleh
pemahaman mengenai latar belakang serta kegiatan yang diperiksa. Hal ini
membantu auditor mengidentifikasi masalah yang timbul, menemukan penyebabnya
dan kemudian melakukan tindakan-tindakan pembetulan.
2. Rencana, persiapan dan organisasi
Pemeriksaan manajemen pada tahap ini adalah meneliti serta
menelusuri lingkup setiap sumber dokumentasi, kemudian dianalisa dan
selanjutnya diperbaharui.
3. Pengumpulan fakta dan pembaharuan dokumen
Meliputi pengumpulan seluruh data pemberitahuan yang
berhubungan dengan ruang lingkup dari proyek termaksud. Data ini diperoleh dari
surat-menyurat dan untuk informasi yang non formal dapat diperoleh secara
langsung dari para karyawan melalui wawancara.
4. Riset dan analisis
Pada tahap ini pemeriksa mengumpulkan semua bukti dan data
yang sangat penting untuk mendukung suatu kesimpulan pendapat pada pimpinan
teratas. Dan selanjutnya penelitian akan diubah sesuai dengan tujuan
perencanaan dan mengevaluasi keadaan lingkup tertentu. e.
5. Laporan
Dari hasil pengujian dan pemeriksaan yang dijelaskan
dilaksanakan, kemudian dibuat laporan hasil audit secara menyeluruh yang
merupakan kesimpulan atas pemeriksaan yang dilakukan.
Daftar Pustaka
- Arens, Alvin. A., Randal J. Elder, and Mark S. Beasley. (2003). Auditing and assurance services: An Integrated approach (9th edition). Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education, Inc.
- Hamilton, Alexander. (1986). Management Audit : Maximizing Your Company Efficiency and Effectiveness. Alexander Hamilton Institute.
- Willingham, John. J, Carmichael, Douglas.R, and Schaller, Carol.A. (1996). Auditing Concepts and Methods: a guide to current theory and practice
Tidak ada komentar:
Posting Komentar