Blogger Widgets
بِــــــسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيـــمِ

SELAMAT DATANG DI STIKOM MUHAMMADIYAH BATAM

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI - TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Selasa, 29 April 2014

SEJARAH PERKEMBANGAN AKUNTANSI TERLENGKAP DAN TERBAIK







Materi Sejarah Perkembangan Akuntansi Terlengkap dan Terbaik 
Mempelajari sejarah akuntansi bertujuan untuk memahami: bagaimana paktek akuntansi pada masa lalu, bagaimana proses perkembangannya sampai saat ini, bagaimana prediksi praktek akuntansi pada masa depan jika situasi berjalan normal
Oya sebelum ke TKP aku Cuma mau bilang harus benar-benar dibaca ini yah dipahami, jangan asal copas (kan kebiasaan orang gitu suka copas dari net da gitu ga nulis sumbernya lagi),.,jangan gitu ya sobat,,kalian kan baek-baek :)
Materi kuambil dari tulisan dosenku i mean dari slide power point yang dibagi bapa itu pada mata kuliah Teori Akuntansi semester lalu namanya Pak Jufri Darma, tapi disini aku cuma posting sejarah awal sama perkembangan ilmu akuntansi yang dari luar negeri sono, kalo perkembangan akuntansi di Indonesia silahkan sobat baca dipostinganku sebelah ga kugabung hehehe kebanyakan bukkkk



Materi Sejarah Perkembangan Akuntansi Terlengkap dan Terbaik :
Menurut Ernest Sevelinck dalam artikelnya yang berjudul Accounting in Ancient Times (The Accounting Historians Journal Vol 12 No.1 (1985) menyatakan:
·         “Mesir memiliki sejarah akuntansi yang panjang. Ribuan bukti catatan akuntansi dalam kulit kayu (papyri) yang ditemukan lebih lima belas abad yang lalu dan menjelaskan bahwa akuntansi itu telah ada lebih daripada 3000 tahun yang lalu dengan beberapa tingkat kejelasannya.
·         Manajer mesir bernama My mencatat transaksi hariannya dalam calamous reed (sejenis kulit.
·         Pada tahun 3200 SM sudah dikenal 2 macam teknik akuntansi: koin dalam bentuk tertentu ditandai dan disimpan dalam amplop lalu token disimpan dalam bentuk yang lebih besar dengan berbagai variasi dan kompleks.

Sejarah awal akuntansi
Lieber (1968:203)  dari buku yang sama menyatakan:
·         “Pedagang-pedagang Italy dan negara-negara Eropa lainnya memperoleh pendidikan pertamanya dalam menggunakan metode bisnis yang canggih dari rekan bisnis mereka dari daerah sekitar Laut Tengah, yang kebanyakan mereka adalah Muslim, walaupun terdapat juga segelintir Yahudi dan Nasrani”
·         Menurut Littleton dan Yamey dalam Triyuono (1997) menyatakan:
·         “Teknik tata buku berpasangan ini mestinya berasal dari Spanyol, dengan alasan bahwa kebudayaan dan teknologi muslim abad pertengahan lebih unggul dan canggih dibanding dengan Eropa Barat, dan Spanyol (pada waktu itu) adalah saluran utama dimana kebudayaan dan teknologi Muslim dibawa ke Eropa”

PACIOLI SEBAGAI PENULIS PERTAMA DOUBLE ENTRY ACCOUNTING
Sistem double entry accounting telah disepakati mula-mula diterbitkan oleh Lucas Pacioli (1494) dalam bukunya Summa d’ arithmetica, Geometria, Proportioni et Propotionalita khususnya dalam Bab Particularis de Computis et Scripturis.
Dia gencar mensosialisasikan pembukuan berpasangan Metode Venesia atau Metode Italia dengan pernyataannya:
ú  Semua catatan harus dibuat berpasangan: jika anda membuat seorang sebagai kreditor, anda harus membuat orang lain sebagai debitor
ú  Menggunakan tiga buku: memorandum, jurnal dan buku besar
ú  Tidak hanya nama pembeli dan penjual dan penjelasan mengenai berat, ukuran dan harga barang yang dicatat, tetapi syarat pembayaran juga ditunjukkan
Adalah baik untuk menutup buku setiap tahun, khususnya jika anda dalam kerjasama dengan orang lain. Akuntansi membuat persahabatan berlangsung lama

BANTAHAN PACIOLI SEBAGAI PENULIS PERTAMA DOUBLE ENTRY ACCOUNTING
Namun menurut Kam (1986:19):
·         “Dia sendiri (Pacioli-pen) menyatakan bahwa tulisannya didasarkan pada metode yang digunakan di Venice, yang mungkin sudah dimulai paling tidak seratus tahun sebelumnya. Kita dapat mengasumsikan bahwa penjelasannya ini menggambarkan apa yang terjadi dalam praktek.
·         Sejalan dengan itu Adnan (1997) menyatakan:
·         “Ia mengakui bahwa dirinya hanya menuliskan sebuah metode pecatatan pembukuan yang dianggapnya telah digunakan ratusan tahun sebelumnya., dan sudah digunakan secara umum oleh para pedagang pada masa itu dan bukan dirinyalah yang menemukan sistem pembukuan berganda tersebut.
·         Selanjutnya Siswanto (2000) menyatakan:
·         “Bahkan ia sendiri mengaku melakukan penjiplakan dari bahan manuscript dari Venice”.

SIAPA SEBAGAI PENULIS PERTAMA DOUBLE ENTRY ACCOUNTING?
Menurut Peragallo (1938) menyatakan:
·         “ buku pertama tentang double entry ditulis oleh Massari dari Genoa pada tahun 1340” (namun tidak ada penjelasan lebih lanjut)
·         Menurut Kiyoshi Inoue dari Saitama University (The Accounting Historian Journal, Spring 1978) menyebutkan:
·         “Orang yang pertama-tama menulis (bukan menerbitkan seperti Pacioli) tentang double entry adalah Benedetto Cortrugli pada tahun 1458 atau 36 tahun sebelum terbitnya buku Pacioli. Namun buku Benedetto Cotrugli ini baru terbit pada tahun 1573 atau 89 tahun setelah buku Pacioli terbit. Dengan penjelasan ini maka pertentangan sebenarnya tidak ada”.
Benedetto Cortrugly dalam bukunya menyatakan: dua faktor yang mempengaruhi pencatatan:
  •  (1)Bahan atau material (sesuatu yang dibutuhkan untuk bekerja) yang terdiri dari : kekayaaan pribadi, modal, berdagang dan kredit.
  • (2)Bahasa atau Language (media yang menjelaskan tentang bahan) yaitu: tulisan ((pencatatan), uang (media pertukaran yang dominan) dan arithmetic (perhitungan atau akuntansi).
Kedua faktor tersebut menjadi prasyarat untuk dapat diciptalan dan dikembangkan sistem pembukuan berpasangan.

DEVELOPMENT DOUBLE ENTRY ACCOUNTING (Perkembangan Akuntansi Double Entry)
Tahap perkembangan double entry  menurut Cushing:
  • Abad ke XVI perubahan dalam teknik pembukuan: pengenalan Jurnal Khusus tentang Kas
  • Abad XVI-XVII: penyusunan laporan keuangan secara periodic
  • Abad XVI-XVIII: penerpanan double entry ke tipe organisasi lain (biara dan negara)
  • Abad XVII: penggunaan akun sediaan yang terpisah untuk tipe barang yang berbeda
  • Abad XVII: muncul kebutuhan akuntansi biaya
  • Abad XVIII: metode perlakuan asset tetap.
  • Abad XIX: pengenalan berbagai metode depresiasi
  • Abad XIX: munculnya akuntansi biaya
  • Abad XIX: perkembangan teknik akuntansi pembayaran dimuka
  • Abad XIX-XX: perkembangan laporan dana
Abad XX: perkembangan metode akuntansi yang menyangkut isu-isu kompleks: perhitungan earnig per share, akuntansi inflasi ,sewa guna jangka panjang dan pension.

DEVELOPMENT ACCOUNTING SCIENCE (Perkembangan Ilmu Akuntansi)
Menurut Leo Herbet dalam artikelnya yang berjudul Growth of Accountability Knowledge 1775-1975 di “The GAO Review” (Fall 1972, p.31), perkembangan Ilmu Akuntansi adalaah sebagai berikut:
  • Tahun 1775: Mulai dikenal single entry dan double entry
  • Tahun 1800 s.d 1875 Balance Sheet menjadi laporan utama dalam menilai perusahaan
  • Tahun 1825: Mulai dikenal Financial Auditing
  • Tahun 1850: Income Statement menggantikan Balance sheet dalam menilai perusahaan.
  • Tahun 1875: Perkembangan ilmu audit semakin pesat. Audit dilakukan atas catatan dan laporan
  • Tahun 1900: USA memperkenalkan Sertifikasi Profesi, akuntansi sudah dianggap dapat memberikan  laporan pajak, cost accounting  mulai diperkenalkan.
  • Tahun 1925: Mulai dikenal Governmental Accounting, teknik-teknik analisis biaya, penyeragaman laporan   keuangan, perumusan Norma Pemeriksaan Akuntansi, peralihan sistem akuntansi manual ke  EDP, serta pengenalan akuntansi perpajakan.
  • Tahun 1950 s.d 1975 Akuntansi menggunakan komputer dalam mengolah data, Generally Accepted Accounting Principle (GAAP) mulai dirumuskan, analisis Cost-Revenue makin dikenal,  profesi   akuntansi mengenalkan jasa konsultan pajak dan perencanaan pajak, management accounting mulai dikenalkan dan berkembang pesat.
  • Tahun 1975: Timbulnya Management Science, Sistem informasi semakin canggih, metode permintaan yang    menggunakan komputer dan teori cybernetics, mulai dikenal total system review, munculnya :   issu social accounting,  perencanaan sistem menyeluruh, penerapan metode inter disipliner,    human behavior, jadi pentingnya nilai SDM dan Hubungan antar lembaga pemerintahan